Percetakan Digital di Sukajadi

Jenis-Jenis Usaha Percetakan yang Masih Berkembang Hingga Saat Ini

Usaha percetakan merupakan salah satu jenis usaha yang berkembang di tengah arus digitalisasi. Meskipun pada saat ini kebanyakan orang sudah beralih ke platform digital untuk mengakses berbagai macam infromasi, akan tetapi usaha percetakan ini masih banyak di lirik untuk memproduksi berbagai macam kebutuhan pelanggan. Produk yang dihasilkan dari usaha percetakan di antaranya seperti pamflet, undangan, spanduk, kartu nama, brosur, undangan, dan lain-lain.

Digital Printing

Percetakan itu sendiri mempunyai arti suatu proses industri dimana digunakan untuk produsksi massa gambar dan tulisan dengan menggunakan tinta di atas media yang dilakukan dengan mesin cetak khusus. Usaha percetakan tidak hanya menjamur di kota-kota besar saja melainkan juga di pelosok-pelosok daerah. Usaha ini tidak terlepas dari hampir seluruh kegiatan bisnis, baik di perkantoran, organisasi, hingga masyarakat membutuhkan hasil cetak dari percetakan seperti agenda, kop surat, brosur, souvenir dan paperbag.

Dengan begitu, usaha percetakan menjadi salah satu peluang untuk membuka usaha percetakan. Sebelum Anda membuka usaha percetakan alangkah baiknya pahami dahulu dunia percetakan, sehingga usaha tersebut sesuai dengan minat dan pasar sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Berikut jenis-jenis usaha percetakan:

  1. Digital Printing

Digital printing adalah salah satu usaha yang menguntungkan. Di dukung dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, usaha ini paling banyak diminati. Kelebihan dari jenis percetakan ini adalah prosesnya yang sangat cepat, sehingga sangat efisien jika menggunakan jasa percetakan. Selain proses produksi yang dilakukan lebih cepat, digital printing ini juga tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Jenis percetakan ini juga sangat fleksibel, tidak ada berapa jumlah minimal order, jadi pelanggan bisa mencetak berapapun jumlah yang dikehendaki.

Digital printing merupakan jenis percetakan yang memunculkan inovasi baru, dimana gambar atau teks yang berbasis digital ini dapat dicetak di berbagai media, seperti brosur, kaos, custom produk (mug, case, tumbler), spanduk, stiker, kartu nama, undangan dan yang lainnya. Percetakan digital printing merupakan jenis jasa percetakan pertama, dimana percetakan ini membutuhkan alat atau campur tangan teknologi dalam proses pembuatan. Hingga proses pembuatan hasil akhir menggunakan percetakan digital, sehingga percetkan digital jauh lebih cepat dibandingkan dengan percetakan konvensional. Dalam proses pembuatan hasil akhir menggunakan percetakan digital lebih cepat.

  1. Percetakan Offset (offset printing)

Percetakan offset merupakan jenis percetakan pertama yang menjadi primadona sebelum percetakan digital. Dimana dikenal dengan mesin cetaknya yang besar kemudian kemampuan produksinya dalam kuantitas yang besar pula bahkan bisa sampai ribuan. Akan tetapi percetakan offset ini hanya mampu mencetak di atas material yang berbahan kertas. Percetakan offset ini cocok digunakan untuk usaha jasa percetakan seperti undangan, buku, majalah dan produksi yang berbahan buku lainnya.

Kelebihan yang dimiliki percetakan offset ini adalah dalam segi harga percetakan yang lebih terjangkau dibandingkan dengan percetakan digital. Untuk kekurangan dari jenis percetakan ini yaitu membutuhkan proses produksi yang cukup lama, karena materi cetak haurs dipindahkan tersebuh dahulu ke pelat percetakan. Akan tetapi jika pelanggan memesan dalam jumlah banyak maka harga yang diberikan juga lebih murah. Percetakan offset dapat mencetak berbagai macam jenis yang berhubungan dengan kertas seperti kop surat, amplop dan yang lainya.

  1. Percetakan Sablon

Selanjutnya adalah jenis percetakan yang sudah tidak asing lagi, kebanyakan orang menyebutnya dengan percetakan sablon yang digunakan untuk mencetak kaos. Percetakan sablon konvensional masih banyak di minati, meskipun sudah bisa dengan digital printing. Kelebihan dari percetakan sablon adalah dari segi harga percetakan sablon lebih murah dibanding dengan percetakan masal lainnya. Kemudian hasil cetakan dari percetakan sablon ini mengahsilkan cetakan lebih banyak.

Dalam proses percetakan sablon ini memiliki cara yang cukup khas, yaitu dengan proses yang dilakukan di atas kain yang berbahan dasar nilon atau sutera rapat kemudian diberi tinta. Percetakan sablon selain digunakan untuk mencetak kain juga dapat digunakan untuk mencetak produk dari bahan plastik dan kertas. Proses pembuatan percetakan sablon ini masih membutuhkan tenaga manusia yaitu untuk menyapu layar menggunakan palet.

CV Design Grafika Cemerlang – Perusahaan Percetakan, Digital Printing Terbaik

Itu tadi beberapa jenis usaha percetakan. Berikut ini merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang percetakan, digital printing dan gift promotion yaitu CV. Design Grafika Cemerlang atau lebih populer disebut dengan Smart Design. Perusahaan ini didirikan pertama kali pada tahun 2006 dan berada di jalan Cianjur raya No.5 Karangpawitan Karawang, Jawa Barat. Dengan memproduksi berbagai macam percetakan dan bahan media promotion yaitu Cooperate identity seperti catalog, amplop, ID name card dll, kemudian digital printing seperti spanduk digital, spanduk kain, sablon, stiker, baliho dan Media Promosi seperti brosur atau pamflet, t-shirt dan lain-lain. Tunggu apalagi, bagi Anda warga Jawa Barat khususnya daerah karawang kunjungi percetakan terdekat di Jawa Barat atau bisa juga mengunjungi website resmi kami di cemerlang2.com. (081294278559)